Senin, 15 Agustus 2011

Wah... Perkawinan Sesama Jenis Legal di Kuba

Ini baru berita aneh, nyata dan luar biasa serta di luar kepatutan pada umumnya. Di Kuba, seorang pria gay menikahi perempuan transgender (wanita yang telah operasi kelamin menjadi laki-laki) di Havana, Kuba. Peristiwa ini merupakan peristiwa pertama kali di negeri komunis tersebut.

Padahal, pernikahan sesama jenis adalah tidak sah di Kuba. Namun, karena pengantin perempuan adalah terlahir sebagai perempuan, maka di mata hukum pernikahan tersebut adalah pernikahan beda jenis. Meski pengantin perempuan tersebut sekarang berkelamin laki-laki.

"Ini adalah pernikahan pertama antara perempuan transgender dengan seorang gay," kata pengantin pria Ignacio Estrada (31) seperti di lansir theguardian.co.uk, Minggu, (14/8/2011) dan dikutip oleh Detik.com.

"Kami merayakan untuk menyerukan hak kita dan menegaskan bahwa ini adalah langkah maju bagi komunitas gay di Kuba." terangnya.

Pengantin perempuan, Wendy Iriepa, (37), tiba di gedung pernikahan di Havana dengan sebuah gaun pengantin putih, mengenakan bunga di rambutnya dan memegang bunga berpita warna-warni. Seorang notaris mencatat perkawinan tersebut dalam upacara sipil yang berjalan singkat. Lantas, mereka berciuman yang disambut sorak-sorai teman dan keluargnya. Iriepa yang lahir dengan nama Alexis menjalani operasi ganti kelamin pada 2007.

Pada tahun-tahun awal setelah revolusi 1959 Fidel Castro mencurigai homoseksual dan menilai sebagai ekspresi alternatif setara dengan tren fashion dan rock'n'roll AS. Dinegara tersebut, orang gay dan transeksual yang bekerja di institusi pemerintahan banyak dipecat, dipenjara, di hukum kerja paksa atau dikirim ke kamp-kamp pengasingan.

Namun hari ini pemerintah jauh lebih toleran. Aktifis gay yang paling menonjol di Kuba, Mariela Castro yang juga keponakan Fidel Castro atau putri presiden, Raul Castro. Mariela adalah Kepala Pusat Pendidikan Seks Nasional. Pada acara transgender Jumat kemarin, dia berbicara tentang pekerjaan lembaga, termasuk kampanye anti-homofobia dan mendorong negara untuk membiayai operasi ganti kelamin.

"Salah satu prestasi kami telah memungkinkan bagi Wendy untuk menikah," katanya. "Tampaknya dia menemukan cinta dalam hidupnya dan kami berharap banyak ucapan selamat, karena kami bekerja selama ini untuk kesejahteraan dan kebahagiaan saudara kita."

Menurut Castro,(85) pada Sabtu lalu mengungkapkan penyesalan dalam beberapa tahun terakhir atas perlakuan terhadap orang gay selama periode itu. (Detik.com)

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang Wah... Perkawinan Sesama Jenis Legal di Kuba dan anda bisa menemukan artikel Wah... Perkawinan Sesama Jenis Legal di Kuba ini dengan url https://info-panas.blogspot.com/2011/08/wah-perkawinan-sesama-jenis-legal-di.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Wah... Perkawinan Sesama Jenis Legal di Kuba ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Wah... Perkawinan Sesama Jenis Legal di Kuba sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Senin, Agustus 15, 2011

0 comments:

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis