Minggu, 08 Januari 2012

Mobil Esemka - Jika Diproduksi Massal, Esemka Butuh Dana Minimal Rp 2 Trilyun

Membanjirnya pemesanan mobil hasil karya cipta siswa SMK ini dipastikan berdampak terhadap anggaran. Pasalnya, bila dana dari investor tidak segera terealisasi, dipastikan Pemkot Solo merogoh dana hingga Rp2 triliun.

Kepala SMKN 1 Trucuk, Klaten Wardani Sugiyanto mengatakan sejak kolaborasi pembuatan mobil dengan SMKN 2 dan SMK Warga Solo terealisasi, pihaknya tidak mau dipusingkan dengan masalah anggaran. Nantinya anggaran tersebut bisa memproduksi mobil bikinan anak SMK ini dalam jumlah banyak dan tempo cepat.

"Dana ini digunakan untuk membeli mesin cetak onderdil dan bodi mobil. Karena untuk dapat diproduksi masal masih harus melalui berbagai tahapan yang prosesnya lama,” ujarnya kepada para wartawan, di Klaten, Sabtu (7/1/2012).

Menurut dia, selama ini, para siswa SMK sudah bisa membuat dan merakit mobil itu dengan cara manual. Hanya memang jumlahnya tidak akan bisa banyak. Satu-satunya cara agar bisa memproduksi mobil ini secara masal memang harus dengan mesin cetak komponen.

Dia mengungkapkan, untuk mendatangkan mesin cetak dalam membuat bagian mobil secara menyeluruh, dibutuhkan dana Rp2 triliun. Tentu saja bukan jumlah sedikit anggaran yang dibutuhkan untuk dapat memproduksi secara massal.

“Kami juga telah menyampaikan hal tersebut ke pejabat di dua kementerian yaitu Perdagangan dan Sosial. Namun kami masih harus bersabar karena masih harus menunggu proses perizinan dan uji kelayakan sebelum di produksi dalam jumlah banyak,” tambahnya.

Wardani menambahkan, saat ini semua proses pembuatan masih dilakukan dengan metode hand made dan menggunakan peralatan sederhana. Kondisi ini menjadikan pembuatan mobil KIat Esemka membutuhkan waktu cukup lama. Berbeda jika pembuatan sudah dibantu dengan mesin modern. Tentu dalam waktu cepat dapat dilakukan produksi dalam jumlah banyak.

Lebih lanjut Wardana menyampaikan, hingga saat ini sudah banyak pesanan yang datang ke SMKN 1 Trucuk, Klaten agar dibuatkan mobil dengan model SUV maupun pikap.
(zwr)
Sumber | InfoTerpanas.com

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang Mobil Esemka - Jika Diproduksi Massal, Esemka Butuh Dana Minimal Rp 2 Trilyun dan anda bisa menemukan artikel Mobil Esemka - Jika Diproduksi Massal, Esemka Butuh Dana Minimal Rp 2 Trilyun ini dengan url http://info-panas.blogspot.com/2012/01/mobil-esemka-jika-diproduksi-massal.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mobil Esemka - Jika Diproduksi Massal, Esemka Butuh Dana Minimal Rp 2 Trilyun ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Mobil Esemka - Jika Diproduksi Massal, Esemka Butuh Dana Minimal Rp 2 Trilyun sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Minggu, Januari 08, 2012

0 comments:

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis