Minggu, 28 Agustus 2011

Ketumbar; Bumbu Masak Sekaligus Sebagai Pembunuh Bakteri

Ketumbar; Bumbu Masak Sekaligus Sebagai Pembunuh Bakteri
Bagi ibu-ibu rumah tangga, dalam setiap kali masak, pasti tidak ketinggalan bumbu yang satu ini. Ketumbar. Ya, ketumbar. Dengan ketumbar, aroma masakan akan menjadi lebih lezat. Tapi, tahukah anda, selain sebagai pelezat makanan, ketumbar ternyata juga berfungsi sebagai pembunuh bakteri.

Sebagaimana diberitakan di Kompashealth, 25/8/2011, menurut tim peneliti dari Portugal, ketumbar atau dalam kuliner Barat disebut coriander ini ampuh untuk membunuh 12 strain bakteri. Dalam penelitian mereka digunakan minyak ketumbar yang dihasilkan dari tanaman ketumbar.

Cairan yang mengandung kurang dari 1,6 persen dari minyak ketumbar cukup efektif untuk membunuh sel bakteri termasuk salmonela, E.colil, serta bakteri yang kebal terhadap antiobiotik. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam Journal of Medical Microbiology.

"Minyak ketumbar bisa dipakai sebagai alternatif alami untuk antibiotik konvensional. Kami melihat masa depan ketumbar dalam obat klinis dalam bentuk losion, obat kumur, bahkan pil yang mampu mengatasi bakteri yang sudah resisten pada antibiotik," kata Fernanda Domingues, yang memimpin riset ini.

Ia menjelaskan, minyak ketumbar bekerja dengan cara merusak selaput yang mengelilingi sel bakteri serta menghambat proses penting seperti pernapasan sehingga bakteri itu mati.

Dalam kuliner Asia Tenggara, termasuk Indonesia, biji ketumbar lebih sering dipakai sebagai bumbu, sementara itu di negara lain daunnya juga kerap dipakai baik sebagai pelengkap salad atau penyedap rasa.

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang Ketumbar; Bumbu Masak Sekaligus Sebagai Pembunuh Bakteri dan anda bisa menemukan artikel Ketumbar; Bumbu Masak Sekaligus Sebagai Pembunuh Bakteri ini dengan url https://info-panas.blogspot.com/2011/08/ketumbar-bumbu-masak-sekaligus-sebagai.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Ketumbar; Bumbu Masak Sekaligus Sebagai Pembunuh Bakteri ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Ketumbar; Bumbu Masak Sekaligus Sebagai Pembunuh Bakteri sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Minggu, Agustus 28, 2011

0 comments:

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis