Sabtu, 24 September 2011

Beredar Video Kekerasan Guru Terhadap Siswa di Porong. Kepala Sekolah: Itu Hanya Persoalan Kecil

Beredar Video Kekerasan Guru Terhadap Siswa di Porong. Kepala Sekolah: Itu Hanya Persoalan Kecil
Setelah selama satu jam dijemur, para siswa dipanggil satu persatu untuk mendekat. Setelah dekat, guru Teknologi Ilmu Komputer (TIK) itu memukul muka dan menendang kaki siswa.

Kekerasan terhadap pelajar terjadi di SMPN 3 Porong, Sabtu (24/9/2011). Sebanyak 7 siswa dipukul dan ditendang oleh guru setelah sebelumnya dijemur selama 1,5 jam di halaman sekolah. Ketujuh siswa kelas 8 dan 9 itu dihukum karena bermain bola sewaktu jam istirahat berlangsung.

Kebrutalan salah satu oknum guru tersebut terlihat dari sebuah video yang direkam salah satu siswa dari lantai dua sekolah. Dalam video itu terlihat ada 7 siswa yang dihukum. Tetapi dari informasi siswa lain sebenarnya terdapat 15 siswa yang dihukum.

Peristiwa itu bermula dari salah satu guru, Suwarno, yang menyuruh para siswa berhenti bermain bola dan diberi hukuman. Suwarno menyuruh mereka berdiri di halaman sekolah. Karena saat itu matahari bersinar terik, tentu saja mereka berpeluh keringat kepanasan

Setelah selama satu jam dijemur, para siswa dipanggil satu persatu untuk mendekat. Setelah dekat, guru Teknologi Ilmu Komputer (TIK) itu memukul muka dan menendang kaki siswa.

Begitulah seterusnya hingga siswa yang terakhir. Pukulan dan tendangan itu sepertinya dilakukan dengan keras karena dari gambar video terlihat beberapa murid mengaduh kesakitan. Setelah itu para murid kembali dijemur selama setengah jam untuk kemudian dikumpulkan di musholla sekolah.

Kebetulan salah stau siswa yang dihukum bisa menghubungi orang tuanya. Orang tua murid tersebut pun mendatangi sekolah dan meminta klarifikasi tentang adanya peristiwa tersebut. Dari informasi yang didapat, peristiwa itu adalah peristiwa kedua. Peristiwa yang sama terjadi sebelum bulan puasa. Saat itu 15 anak kelas 9 juga dihukum dengan perlakuan yang sama.

Pihak SMPN 3 Porong mengakui adanya kekerasan yang dilakukan salah seorang oknum guru terhadap siswa yang ketahuan bermain sepak bola saat jam istirahat. Namun pemukulan dan tendangan yang dilakukan guru terhadap dilakukan secara perlahan.

"Kegiatan itu (sepak bola) memang dilarang oleh sekolah," kata Kepala Sekolah SMPN 3 Hartoyo, kepada wartawan di SMPN 3 Porong, Sabtu (24/9/2011).

Hartoyo mengakui peristiwa itu terjadi pada Kamis (15/9/2011) lalu. Tetapi persolan itu sudah selesai dengan penjelasan sekolah kepada orang tua siswa yang dihukum. Hartoyo mengaku bahwa persoalan tersebut adalah persoalan kecil. Hartoyo sendiri mengaku sudah memberi bimbingan dan pengarahan kepada Suwarno, guru yang menghukum siswa.

"Yang berhak memberi sanksi adalah kantor Dinas Pendidikan," tambah Hartoyo.

Sementara, Suwarno sendiri kepada wartawan memang mengakui perbuatannya memukul dan menendang siswa. Tetapi itu dilakukannya secara pelan, tidak keras. Namun dalam video terlihat jika Suwarno melakukan ayunan sebelum memukul dan menendang.

"Itu saya lakukan di halaman agar semua siswa bisa melihat. Agar siswa lain jera dan tidak melakukan kegaitan itu selama jam istirahat," ujar Suwarno.

Meski anaknya telah dianiaya, tetapi salah satu orang tua siswa, Suyadi, sepertinya tidak memperpanjang masalah. Suyadi mengakui bahwa anaknya, AL, memang bersalah telah melakukan kegiatan yang dilarang sekolah.

"Persoalan sudah selesai karena saya menyadari anak saya juga salah," kata Suyadi.

Sedangkan SY, salah satu siswa yang dihukum, juga tidak mempersoalkan peristiwa tersebut. "Saya menyadari saya salah meskipun sakit waktu dihukum," ucap SY. (DetikSurabaya)

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang Beredar Video Kekerasan Guru Terhadap Siswa di Porong. Kepala Sekolah: Itu Hanya Persoalan Kecil dan anda bisa menemukan artikel Beredar Video Kekerasan Guru Terhadap Siswa di Porong. Kepala Sekolah: Itu Hanya Persoalan Kecil ini dengan url https://info-panas.blogspot.com/2011/09/beredar-video-kekerasan-guru-terhadap.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Beredar Video Kekerasan Guru Terhadap Siswa di Porong. Kepala Sekolah: Itu Hanya Persoalan Kecil ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Beredar Video Kekerasan Guru Terhadap Siswa di Porong. Kepala Sekolah: Itu Hanya Persoalan Kecil sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Sabtu, September 24, 2011

0 comments:

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis