Selasa, 07 Februari 2012

Planet Mirip Bumi - Gliese 581 g

Dari waktu ke waktu, para ilmuwan atau lebih tepatnya para peneliti dunia angkasa luar, terus menerus menelisik akan keberadaan planet mirip Bumi di jagat raya yang memungkinkan untuk bisa dihuni oleh manusia.

Kriteria yang memungkinkan untuk itu tentunya, planet itu harus mirip dengan bumi. Dari suhunya, ada tidaknya oksigen dan air disana, dan banyak lagi faktor lainnya yang tentunya harus semakin banyak kemiripan dengan Bumi yang harus dipunyai oleh planet yang layak huni itu. Salah satu planet mirip Bumi adalah Gliese 581g.

Perbandingan antara planet Gliese 581 g dan Bumi (Mizzu.net)

Gliese 581g ditemukan oleh sebuah tim pemburu planet dari observatorium MW Keck di Hawaii, Amerika Serikat, yang selama 11 tahun berburu planet mirip Bumi berhasil menemukan planet yang akhirnya mereka beri nama Gliese 581g.

Planet memiliki ukurannya yang hampir sama dengan Bumi itu mengorbit dan berada di tengah 'zona huni perbintangan'. Tim peneliti yakin, bahwa panet ini adalah planet yang paling mungkin untuk bisa dihuni oleh manusia.

Planet Gliese 581g memiliki massa tiga sampai empat kali dibandingkan Bumi dan periode orbitnya hanya di bawah 37 hari. Volume massa itu menunjukkan bahwa planet itu kemungkinan merupakan planet berbatu dengan permukaan tertentu. Itu juga menunjukkan bahwa planet itu memiliki gravitasi yang cukup.

Gliese 581g ini terletak dengan jarak 20 tahun cahaya dari Bumi, tepatnya berada di konstelasi Libra. Posisi planet ini, satu sisi selalu menghadap bintang dan memiliki suhu panas yang memungkinkan manusia untuk berjemur secara terus-menerus di siang hari. Di bagian samping yang menghadap jauh dari bintang, berada dalam kegelapan yang terus-menerus.

Para peneliti memperkirakan rata-rata suhu permukaan planet ini antara -24 dan 10 derajat Fahrenheit atau -31 sampai -12 derajat Celsius. Suhunya akan sangat terik saat posisinya menghadap bintang dan bisa terjadi pembekuan saat sedang gelap.

Menurut Profesor Vogt, gravitasi di permukaan planet itu hampir sama atau sedikit lebih tinggi dari Bumi, sehingga orang dapat dengan mudah berjalan tegak di planet ini.

Berikut ini video youtube planet mirip Bumi, Gliese 581 g:


facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang Planet Mirip Bumi - Gliese 581 g dan anda bisa menemukan artikel Planet Mirip Bumi - Gliese 581 g ini dengan url https://info-panas.blogspot.com/2012/02/planet-mirip-bumi-gliese-581-g.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Planet Mirip Bumi - Gliese 581 g ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Planet Mirip Bumi - Gliese 581 g sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Selasa, Februari 07, 2012

0 comments:

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis