Selasa, 31 Agustus 2010

Tahukah Anda, Bahwa Nama Asli Bung Karno Sebenarnya adalah Koesno?

JAKARTA - Sejarah yang dipelajari di sekolah, tak banyak mencatat soal detil kelahiran serta masa kecil proklamator RI, Ir Soekarno. Mungkin pula tak banyak yang tahu bahwa Soekarno memiliki nama kecil Koesno.

Menurut sejumlah ahli sejarah, Koesno kecil dilahirkan di Surabaya pada Kamis (pon) 1 Juni 1901 dari pasangan Ida Ayu Nyoman Rai Sarimben, seorang putri keturunan kasta brahmana dari Banjar Balai Agung Singaraja Bali dengan Raden Soekemi Sosrodiharjo, putra Raden Hardjodikromo, seorang tokoh kebatinan di Tulungagung Jawa Timur.


Lantas kapan Soekarno berganti nama menjadi Soekarno? Permadi, politisi pengagum Bung Karno mengatakan, Raden Soekemi mengganti nama Koesno menjadi Soekarno saat Bung Karno masih kecil.

“Karena sakit-sakitan, ayahnya yang sering tidur di bawah sambil meditasi, Soekarno di atas, berpikir harus mengganti nama Koesno menjadi Soekarno,” ujarnya saat berbincang dengan okezone, Selasa (31/8/2010).

Namun, di beberapa literatur nama Koesno ini masih dipakai Soekarno saat mondok di rumah HOS Tjokroaminoto bersama sejumlah rekannya. Seperti dalam sejarah persahabatan tiga tokoh Doel Arnowo (Cak Doel), Roeslan Abdulgani (Cak Rus), bersama Cak Koesno (Soekarno).

Bahkan sempat diceritakan adanya dialog rebutan buku antara Roeslan dengan Bung Karno, yang saat itu sudah menjadi Presiden. “Ini orang dua, seperti anak kecil berebut permen saja. Apalagi Roeslan itu tidak mau mengalah terhadap “perintah" seorang Presiden,” kata Doel Arnowo.(ded)
Sumber: http://news.okezone.com/read/2010/08/31/340/368430/340/sakit-sakitan-koesno-ganti-nama-jadi-soekarno

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang Tahukah Anda, Bahwa Nama Asli Bung Karno Sebenarnya adalah Koesno? dan anda bisa menemukan artikel Tahukah Anda, Bahwa Nama Asli Bung Karno Sebenarnya adalah Koesno? ini dengan url http://info-panas.blogspot.com/2010/08/tahukah-anda-bahwa-nama-asli-bung-karno.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tahukah Anda, Bahwa Nama Asli Bung Karno Sebenarnya adalah Koesno? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Tahukah Anda, Bahwa Nama Asli Bung Karno Sebenarnya adalah Koesno? sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Selasa, Agustus 31, 2010

0 comments:

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis