Rabu, 09 November 2011

Download Buku-Buku Sayyid Quthb

Keputusan Kejaksaan Agung yang memutuskan pelarangan buku Sayyid Quthb tentu mengagetkan banyak pihak. Sayyid Quthb sendiri adalah ulama kesohor hampir di seluruh kelompok gerakan Islam. Ia juga ideolog ikhwan yang terkenal masyhur tidak saja di bidang pemikiran namun juga di lapangan jihad.

Bahkan menurut Herry Nurdi, jurnalis muslim, dari tiap mujahid yang turun ke medan jihad, ketika ditanya apa alasannya, salah satunya menyebut karena telah membaca buku Sayyid Quthb. Subhanallah

Beda lagi dengan Nuim Hidayat, penulis buku Sayyid Quthb: Biografi dan Kejernihan Pemikirannya, yang diangkat dari tesis Masternya di Universitas Indonesia, memberikan beberapa alasan mengapa dirinya tertarik untuk menulis perjalanan hidup Sayyid Quthb dan karya-karyanya.

Pertama, seiring dengan meluasnya kampanye terorisme yang disponsori Amerika, ternyata nama Sayyid Quthb selalui dirujuk oleh ilmuwan politik Barat ketika membahas Syaikh Usamah bin Ladin, misalnya disebut-sebuh oleh John L. Esposito (ilmuwan politik Islam asal AS), sebagai “guru” atau tokoh idola dari Dr. Syaikh Abdullah Azzam. Sedangkan Azzam adalah guru daru Usamah bin Ladin.

“Memang bila dibaca buku-buku Syaikh Abdullah Azzam, terutama dalam buku monumentalnya Tarbiyah Jihadiyah akan didapati bagaiman Dr. Azzam sering mengambil teladan-teladan dakwah dan pergerakan Sayyid Quthb dalam perjuangan Islam,” kata Nuim yang menulis tesis Program Studi Kajian Timur tengah & Islam, Universitas Indonesia dengan judul 'Pemikiran Jihad Menurut Sayyid Quthb dalam Fi Zhilalil Qur'an'.

Kedua, Sayyid Quthb adalah tokoh ikhwan yang paling awal dan banyak karyanya serta dianggap sebagai pelanjut Syaikh Hassan Al Banna. Ketika itu Al-Banna yang berumu pendek 43 tahun (1906-1949), tampaknya tidak sempat menuliskan secara terperinci ide-ide ikhwan, karena keburu syahid diberondong peluru dimobilnya oleh tentara Dinasi Faruk, Mesir. Setelah kembali dari Amerika tahun 1951, Sayyid Quthb langsung memutuskan untuk masuk Ikhwanul Muslimin. Quthb kemudian mempunyai pengaruh yang besar di kalangan ikhwan.

Suatu ketika Gemal Abdul Nasser – yang kemudian mengkhianati Quthb – mengajak Sayyid Quthb dan ikhwan untuk bersama-sama menggulingkan Raja Faruk. Naser dan Quthb berpisah, karena Quthb menginginkan Negara Islam, sedangkan Nasser menginginkan Negara sosialis.

Stigma Ilmuwan Barat

Nuim Hidayat mengaku curiga, banyak ilmuwan politik atau penulis Barat membicarakan Sayyid Quthb dengan sudut pandang negatif. Esposito saja, yang sering dianggap moderat terhadap Islam, menyatakan Quthb adalah tokoh Islam militan dan radikal. Hal yang sama dikatakan oleh beberapa pakar politik Barat atau pro Barat lain, diantaranya: Leonard Binder, Ahmad S. Mousalli, dan Bassam Tibi. Beberapa dari mereka menyebut Quthb sebagai perintis gerakan Islam radikal atau Islam fundamentalis.

“Saya melihat, ilmuwan-ilmuwan Barat itu sudah membenci seorang tokoh, sehingga berupaya untuk mencari-cari kelemahannya. Karena itu, pada buku-buku ilmuwan Barat, banyak didapati hal-hal sinis ketika membicarakan Sayyid Quthb. Hampir-hampir tidak didapatkan butir-butir pemikiran yang cemerlang dari Quthb. Buku yang sering dikritik ilmuwan Barat itu adalah yang berkisar konsep hakimiyah (kedaulatan), jihad dan revolusi, yang ditulis didalam Ma’alim fith-Thariq dan Fi Zhilalil Qur’an. Sayangnya, ada ulama seperti Rabi’ bin Hadi al-Madkhali, yang juga ikut-ikutan mengecam keras Sayyd Quthb,” jelas Nuim.

Karena banyak penulis Barat yang benci pada Quthb itulah, mendorong Nuim untuk membaca karya-karyanya. Dosen STID M. Natsir itu berkeyakinan, bila mereka terus menerus membuat stigma dan menjauhkan masyarakat muslim dari karya-karya Quthb, tentu ada magnet yang besar pada karya beliau.

“Dan benar saja, setelah membaca banyak karya Quthb, saya melihat ide-idenya yang menggugah, cemerlang dan autentik dalam pemikiran Islam. Meski ada kata-kata emosional di dalam karya-karya Quthb, tetapi 'emosi kata' pada buku Quthb itu tetap rasional dan dalam bingkai Al-Qur’an dan Sunah. Bagi kalangan muda Islam, membaca karya Quthb dapat menumbuhkan pemikiran yang tajam dan semangat menyala dalam memperjuangkan Islam,” tandas Nuim.

Dan benar saja. Pasca media mulai menurunkan berita pelarangan buku Sayyid Quthb oleh Kejaksaan Agung, hampir di seluruh jejaring sosial dan beberapa milis, umat muslim justru penasaran dan memburu karya-karya monumental tersebut. (pz/voa/kazi)

Berikut ini buku2 Sayyid Quthb yang berhasil kami kumpulkan. Silakan di download:

1. Ma-alim fi Ath-Thariq (Petunjuk Jalan)
2. Sayyid Qutb - Masa Depan di Tangan Islam
3. Manhaj Hidup Muslim - Kompilasi Karangan Sayyid Qutb dan Al-Maududi
4. Tafsir AL-Quran (Fizilalil) -Sayyid Qutb

Jika menurut anda, artikel diatas bermanfaat buat anda, jangan lupa di share via twitter dan Facebook biar makin banyak orang yang baca. Jangan lupa pula me "like" Fan Page Facebook Infoterpanas.com. Terima kasih.

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang Download Buku-Buku Sayyid Quthb dan anda bisa menemukan artikel Download Buku-Buku Sayyid Quthb ini dengan url http://info-panas.blogspot.com/2011/11/download-buku-buku-sayyid-quthb.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Download Buku-Buku Sayyid Quthb ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Download Buku-Buku Sayyid Quthb sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Rabu, November 09, 2011

0 comments:

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis