Senin, 22 Agustus 2011

Wow... Renovasi Makam Gus Dur Telan Biaya Rp 200 Milyar

Anda pasti tidak asing dengan sosok mantan presiden RI KH. Abdurrahman Wahid atau yang sering disapa Gus Dur yang kini sudah tiada itu. Kini, kompleks makamnya akan direnovasi. Kalau masalah renovasinya sih hal yang biasa. Tapi, yang mencengangkan adalah biayanya itu lho. Rp 200 Milyar. Wow.

Ini berita selengkapnya sebagaimana saya kutipkan dari poskota.co.id, Senin, 22 Agustus 2011:

Menata Makan Gus Dur Telan Biaya Rp 200 Miliar

SURABAYA(Pos Kota)- Menko Kesra Agung Laksono meletakkan batu pertama pembangunan areal makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Ponpes Tebuireng Jombang,kemarin. Ini berarti, pembangunan fisik makam Gus Dur resmi dimulai.

Selain Agung, hadir pengasuh Ponpes Tebuireng KH Salahuddin Wahid (Gus Solah), putri Gus Dur, Zannuba Arifah Chafsoh (Yenny Wahid), dan Bupati Jombang Suyanto.
Dalam kesempatan itu, Agung menceritakan proses pembangunan makam mantan Presiden Indonesia ini. Menurutnya, setahun lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pulang dari luar negeri. Setelah itu dirinya dipanggil presiden.

SBY meminta agar makam Gus Dur direnovasi. “Saya lantas menghubungi keluarga Gus Dur, yakni KH Salahuddin Wahid dan Yenni Wahid. Kedua beliau ini setuju,” tambah Agung.
Namun, ada permintaan khusus dari keluarga. Mereka minta agar makam tidak dibangun secara berlebihan. Alasanya, dalam tradisi NU, tak diperbolehkan. Akhirnya disepakati, yang dibangun optimal hanya lingkungan sekitar, bukan makamnya.

“Jadi, makan Gus Dur, tetap sederhana,” tambah Gus Solah. Sedangkan, Yenny Wahid mengatakan, kedatangannya adalah memastikan makam Gus Dur tidak diutak-atik. “Itu permintaan dan domain keluarga,” ungkap istri politisi Gerindra, Dhohir Farisi ini.

Keluarga besar berharap, kemegahan fisik jangan sampai mengubah kesederhanaan makam Gus Dur, karena pasti akan merusak citra Gus Dur yang dikenal sederhana dan merakyat.
Rencananya, kawasan makam Gus Dur berada di atas lahan 6,7 hektare dan menelan biaya Rp 200 miliar itu. Akan dibangun, area parkir roda dua, roda empat dan bus peziarah, Monumen At Tauhid, dan pusat informasi.

Untuk menambah kenyamanan, kawasan wisata religi ini hendak dilengkapi plasa serta museum, areal bermain anak/play ground, areal PKL, serta toilet umum dan bangunan utilitas lain.
“Sudah 4,6 hektare lahan dibebaskan pemda,” terang Agus Indiarto, Kabid Tata Bangunan PU Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jatim.(nurqomar/b)

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang Wow... Renovasi Makam Gus Dur Telan Biaya Rp 200 Milyar dan anda bisa menemukan artikel Wow... Renovasi Makam Gus Dur Telan Biaya Rp 200 Milyar ini dengan url https://info-panas.blogspot.com/2011/08/wow-renovasi-makam-gusdur-telan-biaya.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Wow... Renovasi Makam Gus Dur Telan Biaya Rp 200 Milyar ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Wow... Renovasi Makam Gus Dur Telan Biaya Rp 200 Milyar sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Senin, Agustus 22, 2011

0 comments:

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis