Rabu, 21 Desember 2011

PT Silva Inhutani Menggaji Pegawai Dibawah Standar UMP

Basri, warga Desa Budiaji, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Lampung, menuding keberadaan PT Silva Inhutani (SI), tidak menguntungkan dan hanya meresahkan masyarakat setempat.

PT SI dikenal memiliki petugas keamanan yang ditakuti warga, sebab tidak segan menghukum orang yang masuk area perkebunan, meski hanya untuk mencari rumput dan potongan dahan kayu. PT SI juga dikenal pelit dalam menggaji pekerjanya, sebab selalu membayar upah secara harian, tanpa mendapat fasilitas apa pun.

Menurut Basri, di Lampung terjadi konflik sengketa lahan warga dengan PT Barat Selatan Makmur Investindo (BSMI) pada 10 November 2011, yang menewaskan seorang warga dan enam luka-luka. Selain itu, terjadi konflik di Register 45 kawasan hutan albasia milik PT Silva Inhutani.

"Itulah alasan saya ke luar dari sana. Walaupun itu perusahaan besar, tapi kesejahteraan pekerja tidak diperhatikan. Saya jadi tidak betah, dan kerjanya tidak nyaman," kata pria mantan petugas keamanan PT SI ini, Selasa (20/12).

Ia mengungkapkan, pegawai harian PT Silva saat ini yang mengurusi pekerjaan kasar dibayar per hari dengan upah Rp 34 ribu. Pekerja dibayar sesuai dengan hari masuk kerjanya. Menurut Basri, upah itu masih dipotong ongkos transportasi guna mengangkut pekerja masuk ke hutan sebesar Rp 5 ribu per hari, dan biaya mandor Rp 2 ribu.

"Pekerja terima bersih Rp 27 ribu per hari," bebernya. Padahal upah minimum provinsi (UMP) 2012 Lampung ditetapkan Rp 975 ribu per bulan dari kebutuhan hidup layak (KHL) warga sebesar Rp 1.008.109.

Republika | InfoTerpanas.com

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang PT Silva Inhutani Menggaji Pegawai Dibawah Standar UMP dan anda bisa menemukan artikel PT Silva Inhutani Menggaji Pegawai Dibawah Standar UMP ini dengan url http://info-panas.blogspot.com/2011/12/pt-silva-inhutani-menggaji-pegawai.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel PT Silva Inhutani Menggaji Pegawai Dibawah Standar UMP ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link PT Silva Inhutani Menggaji Pegawai Dibawah Standar UMP sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Rabu, Desember 21, 2011

0 comments:

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis