Minggu, 26 Februari 2012

Siswa SMP Ubah Umbi Gadung Jadi Bio Baterai

Siswa SMP Ubah Umbi Gadung Jadi Bio Baterai - Tim peneliti junior yang sedang duduk di kelas dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sarolangun, Jambi berhasil memenangi Olimpiade Proyek Ilmu Pengetahuan Indonesia (ISPO) di Jakarta, Jumat (24/2).

Tim peneliti yang terdiri dari Afif Karisma dan Adi Priyogo itu berhasil meraih medali emas dan komputer jinjing dari ajang ISPO untuk kategori rekayasa teknologi. Mereka juga berhasil menjadi pemenang termuda dalam ajang ISPO tersebut mengingat peserta lain rata-rata telah berada di Sekolah Menengah Atas.

(Foto: kir-fosca.blogspot.com)

"Alhamdulillah saya senang sekali menang dalam ajang nasional ini. Semoga kami semakin bersemangat melakukan penelitian ke depannya," kata Afif seusai penyerahan hadiah ISPO sebagaimana dimuat AntaraNews.com (25/2).

Lebih lanjut, Adi menambahkan bahwa penelitian yang mereka lakukan ini adalah mengenai pemanfaatan umbi gadung sebagai bio baterai yang ramah lingkungan.

Menurut Adi, penelitian yang mereka lakukan itu adalah dengan hanya menggunakan umbi gadung dan tanpa bahan kimia lain, hingga bisa menghasilkan energi yang dapat disimpan di dalam kaleng baterai bekas.

Umbi gadung itu mereka potong kecil-kecil, lalu dihaluskan dan dimasukkan ke dalam tabung baterai bekas. Setelahselama s ekitar satu pekan, baterai buatan dari umbi gadung itu bisa menghasilkan listrik. Penemuan mereka itu sudah diaplikasikan untuk jam dinding dan lampu LED. Kelebihan dari baterai ini adalah bisa diisi ulang.

Dalam ajang ISPO itu, tercatat sebanyak 358 tim yang mendaftarkan penelitiannya. Dari jumlah itu, akhirnya hanya terpilih 179 peserta penelitian setelah melalui proses penyeleksian.

Ajang kompetisi ISPO ini mempertandingkan enam kategori penelitian, antara lain: Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Rekayasa Teknologi dan Lingkungan Hidup. masing-masing kategori memperebutkan medali emas, perak dan perunggu serta pemilihan untuk enam penelitian dengan sebutan terhormat.

Sebanyak 15 peserta dari para pemenang, telah dipilih untuk mewakili Indonesia pada pertandingan Olimpiade Internasional Ilmu Pengetahuan yang akan diadakan oleh Brazil, Belanda, Amerika Serikat, Georgia, Azerbaijan, Rumania, dan Turki. (Antara)

Rating: 4.5

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang Siswa SMP Ubah Umbi Gadung Jadi Bio Baterai dan anda bisa menemukan artikel Siswa SMP Ubah Umbi Gadung Jadi Bio Baterai ini dengan url http://info-panas.blogspot.com/2012/02/siswa-smp-ubah-umbi-gadung-jadi-bio.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Siswa SMP Ubah Umbi Gadung Jadi Bio Baterai ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Siswa SMP Ubah Umbi Gadung Jadi Bio Baterai sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Minggu, Februari 26, 2012

0 comments:

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis