Kamis, 19 Juli 2012

S.M. Kartosuwiryo Mujahid Yang Istiqomah

S.M. Kartosuwiryo Mujahid Yang IstiqomahBissmillahirrahmanirrahim Berbicara tentang kartosuwiryo (S.M.K) yang nama lengkapnya adalah Sekarmaji  Marijan  Kartosuwiryo,  tidak  terlepas  dari  kegiatan  awalnya  dalam  partai  politik  paling  pertama di Indonesia.yaitu Partai Syarikat Islam Indonesia ( PSII ).

Sebagai  orang  kepercayaan  HOS.  Cokroaminoto  yang  terkenal  itu,  maka  kartosuwiryo  pernah  menjabat  sekjen  partai  tersebut  pada  tahun  1931.  Dan  kemudian  beliau  Kartosuwiryo  duduk  dalam  pucuk  pimpinan  partai  tersebut  sampai  pada  tahun  1939,  pada  tahun  mana  beliau  di  pecat  dari  PSII  karena  perbedaan  visi  politik  dengan  beberapa  tokoh  partai tersebut tentang  konsep  hijarnya S.M.Kartosuwiryo. sebagaimana  di ketahui  bahwa partai PSII  adalah sebuah  partai politik  yang  mempunyai disiplin  baja  dan bertindak keras terhadap siapapun yang melawan disiplin organisasi. Dalam SI tidak  ada tokoh yang besar atau kecil, di mata organisasi semua orang sama derajadnya. Maka  tidak  usah  heran  jika  tokoh-tokoh  seperti  Dr.Sukiman,  Agus  Salim,  A.M.Sangaji,  Mr.Mohammdan  Roem,  Kartosuwiryo,  Abikusno  dan  terakhir  Anwar  Cokroaminoto,  semuanya mengalami tindakan pemecatan dari Partai Syarian Islam.

Dan  terhadap  Muhammadiyah,  sayap  moderat  Syariat  Islam  (Karena  didirikan  oleh  K.H.Ahmad  Dahlan,  salah  seorang  anggota  pucuk  pimpinan  SI  di  bawah  cokroaminoto)  pun  dikenakan  disiplin  organisasi.  Sebabnya  ,  karena  Muhammadiyah  menerima  subsidi  (uang)  dari  pemerintahan  kolonial  Belanda  mulai  tahun  1926  di  saat  orang-orang lain melawan dengan sengitnya.

Bukan  hanya  SI  saja  yang  marah  pada  Muhammadiyah,  tapi  juga  kaum  pergerakan  lainnya.  Mr.AK.Pringgodigdo,  dalam  bukunya  yang  terkenal  “Sejarah  Pergerakan  Rakyat  Indonesia”,  mengatakan  bahwa  Muhammadiyah  telah  berada  diluar  pagar  perjuangan.  Penyakit  “Mengemis”  dan  meminta  bantuan  Pemerintah  itu  tetap  berlanjut  sampai  akhir  ini.  Dan  hal  inilah  yang  melemahkan  semangat  juang  Muhammadiyah, dan karena itu pula Muhammadiyah mudah mengikuti arus dan mudah didikte sekalipun untuk mencoret asas Islam dari Undang-Undang Dasarnya sendiri. Ya ,  oportunis dan menjual diri dengan harga yang murah untuk membela yang bathil.

Sebagai  orang  yang  konsekuen  terhadap  sikapnya,  beliau  Kartosuwiryo  rela  dipecat  dari  partainya  sendiri,  bahkan  rela  menyongsong  maut  ditembus  peluru  dalam  memperjuangkan “Darul Islam” yang dicetuskan pada tanggal 07 Agustus 1949 di Jawa  Barat. Beliau tertangkap pada tanggal 04 juni 1962, setelah bergerilya 13 tahun lamanya.  Kemudian beliau Kartosuwiryo di eksekusi mati pada bulan September 1962.

Konon  untuk  berubah  dari  tuntutan  hukuman  mati,  kepadanya  diminta  supaya  bersedia  mencabut  bai’atnya  dan  membatalkan  proklamasi  “Darus  Islam”.  Akan  tetapi  tawaran  tersebut  beliau  tolak  dan  rela  syahid  ditembus  peluru  yang  berlumuran  darah.  Itulah  dia  sikap  pejuang  yang  jantan  dan  istiqomah,  konsekuen  dalam  membela  pendirinya. Cuma ada pertanyaan masyarakat yang belum terjawab sampai kini. Mengapa  begitu cepat dieksekusi mati? Padahal Dr.Subandrio, tokoh G30S/PKI juga telah divonis  mati,  tetapi  belum  dilaksanakan  juga,  malah  akhirnya  dibebaskan  dari  penjara  oleh  pemerintahan Soeharto. Mengapa ada ukuran ganda dalam pelaksanaan hukuman???

Bandingkanlah keteguhan pendiri Kartosuwiryo ini dengan sikap tokoh Masyumi  yang menyerah kalah dalam pemberontakan PRRI/RPI di Sumatera. Untuk keluar bebas  dari tahanan politik, kepada  mereka disodorkan surat perjanjian yang berisi antara  lain ;  Berjanji  taat  kepada  Pancasila  dan  UUD  1945.  padahal  meraka  telah  tegas  menolak  Pancasila  dan  UUD’45  itu  dalam  sidang  konstituante  Bandung  pada  tahun  1957.  Jelas  mereka  tidak  istiqomah,  tidak  konsekuen  serta  tidak  konsisten.  Maka  dapat  dikatakan  mereka  tidak  lulus  dari  testing  politik,  sesuatu  yang  tidak  mungkin  dilakukan  oleh  Kartosuwiryo, Sebenarnya kalau mereka menolak juga tidak ada resikonya.

Saya kira pemerintah menyodorkan surat perjanjian  itu  hanyalah sekedar  “ujian”  dan  gertak  belaka,  karena  hal  itu  tidak  ada  dalam  peraturan  atau  undang-undang  yang  mewajibkan  tahanan  politik  untuk  untuk  bebas  dari  tahanan,  terlebih  dahulu  harus  menandatangani suatu perjanjian atau membuat sebuah skripsi.

Mendapat Restu Panglima Besar Jendral Sudirman 

Setelah  perjanjian  Renvile  ditandatangani  antara  Indonesia  dan  Belanda  pada  tanggal  17  Januari  1947,  maka  pasukan  Siliwangi  harus  “hijrah”  dari  Jawa  Barat  ke  Yogyakarta,  sehingga  Jawa  Barat  dikuasai  oleh  Belanda.  Jelas  ,  perjanjian  itu  sangat  merugikan  Republik  Indonesia.  Waktu  itu  Jendral  Sudirman  menyambut  kedatangan  pasukan  Siliwangi  di  Stasiun  Tugu  Yogyakarta.  Seorang  wartawan  Antara  yang  dipercaya sang Jendral diajak oleh beliau naik mobil sang Panglima TNI tersebut.

Diatas mobil itulah sang wartawan bertanya kepada Jendral Sudirman :  “Apakah  siasat  ini  tidak  merugikan  kita?”  maka  pak  Sudirman  menjawab,  “Saya  telah  menempatkan  orang  kita  disana”  seperti  apa  yang  dikatakan  oleh  wartawan  Antara  itu  kepada penulis.

Bung  Tomo,  bapak  pahlawan  pemberontak  Surabaya  pada  10  November  dan  mantan  menteri  dalam  negeri  Kabinet  Burhanudin  Harahap,  dalam  sebuah  buku  kecil  berjudul  “Himbauan”  yang  ditulis  beliau  pada  tanggal  07  September  1977,  mengatakan  bahwa pak  Karto  atau Kartosuwiryo  ,  telah  mendapat restu dari Panglima Besar  Jendral  Sudirman.

Dalam keterangan itu, jelaslah bahwa waktu meningalkan Yogyakarta pada tahun  1948  sebelum  pergi  ke  Jawa  Barat,  beliau  Kartosuwiryo  pamit  dan  minta  restu  kepada  Panglima Besar TNI itu dan diberi restu seperti keterangan bung Tomo tersebut.

Dikatakan  dengan  keterangan  Jendral  Sudirman  kepada  wartawan  Antara  diatas  tadi,  maka  orang  dapat  menduga  bahwa  yang  dimaksud”orang  kita”  atau  orangnya  Sudirman itu tidak lain adalah Kartosuwiryo sendiri. Apalagi kalau diingat bahwa waktu  itu Kartosuwiryo adalah orang penting dalam Kementrian Pertahanan Republik Indonesia  yang  pernah  ditawari  menjadi  Menteri  Muda  Pertahanan,  tetapi  ditolaknya.  Jabatan  Menteri  Muda  Pertahanan  itu  ternyata  kemudian  diduduki  oleh  sahabat  beliau  sendiri  “Arudji  Kartawinata”  .  Dapatlah  dimengerti  kenapa  Panglima  Besar  Sudirman  tidak  memerintahkan  untuk  menumpas  DI/TII  ,  dan  yang  menumpasnya  adalah  Jendral  AH.Nasution    dan  Ibrahim  Adji.  Alangkah  banyaknya  orang  Islam  yang  mati  terbunuh  oleh Nasution dan Ibrahim Adji!!. Apakah itu bukan dosa???

Berjuang Mewujudkan Cita-Cita 

Setelah  memperhatikan  kondisi  dan  situasi  serta  membaca  peta  politik,  maka  Kartosuwiryo mulai berjuang untuk mewujudkan cita-citanya.  “Dalam  manifesto  politiknya  yang  dikeluarkan  tidak  lama  setelah  proklamasi  (Negara  Islam Indonesia, SIN) dirancang dan diadakannya Konferensi Meja Bundar yang menuju  terbentuknya  Negara  Indonesia  Serikat.  Kartosuwiryo  menerangkan,  bahwa  kini  telah  tiba  saatnya  untuk  menentukan  nasib  Bangsa  Indonesia,  Khususnya  umat  Islam,  agar  dapat  tercapai  Mardhatillah.  Ini  adalah  satu-satunya  cara  (jalan)  yang  akan  melepaskan  umat Islam dari segala bentuk penindasan, di dunia dan di akhirat. Musuh Allah, (musuh)  agama,  dan  (musuh)  Negara  Islam  Indonesia  haruslah  dibinasakan,  agar  hukum  Islam  yang  sesuai  dengan  ajaran  Al  Qur’an,  sunnah  Nabi  dapat  terwujud  secara  lengkap  di  seluruh Indonesia”

Negara Islam

Darul Islam atau Negara Islam itulah puncak cita-cita Kartosuwiryo  yang hendak  dicapainya dengan perjuangan yang gagah berani.

Sementara  itu  ada  pihak-pihak  yang  sinis  mengatakan  bahwa  Negara  Islam  itu  tidak  ada  dalam  Al  Qur’an.  Inilah  bicara  yang  tidak  bertanggung  jawab,  karena  kurangnya  ilmu  dan  pengertian  terhadap  kita  suci  Al  Qur’an  .  yang  amat  menyedihkan  ucapan itu keluar dari kaum intelektual atau sarjana yang pernah belajar di negeri sekuler  di  luar  negeri,  walaupun  yang  mengucapkan  anak  ulama  sendiri,  ironisnya  itulah  para  orang  tua  mereka  dahulu  setiap  pidato  dimana-mana  meneriakkan  agar  terwujudnya  Negara Islam,  sedangkan anak-anak  mereka  membatalkan apa  yang  telah dikatakan dan  diperjuangkan oleh orang tuanya, bahwa dalam Al Qur’an tidak ada perintah Mendirikan  Negara Islam.

Numpang Tanya??? Apakah dalam UUD’45 ada kata Pancasila? Tidak ada! Kata  Pancasila memang  jelas tidak ada, tetapi bila orang mau mengerti dan membaca dengan  teliti maka jelas makna Pancasila ada dalam Mukaddimah UUD 1945 .

Demikian  pula  dalam  Al  Qur’an  ,  tidak  ada  terdapat  dan  tertulis  kata  “Darul  Islam”  atau  Negara Islam.  Tetapi  bila  orang  mengerti dan  mau  mendalami pengetahuan  Agama  Islam  terutama  tengtang  tafsir  Al  Qur’an,  maka  tidak  akan  ragu  lagi  bahwa  mereka  akan  banyak  bertemu  dengan  ayat-ayat  Al  Qur’an  yang  mengarah  dan  menuju  Negara  Islam  itu.  Ya,  dapatlah  dikatakan  bahwa  6.236  ayat  dalam  Al  Qur’an  yang diwahyukan  oleh  Allah  kepada  Nabi  Muhammad  sebagai  pedoman  untuk  membentuk  masyarakat dan Negara Islam yang sempurna dan Ideal.

Ambilah  sebuah  ayat  dalam  Al  Qur’an  ,  yang  artinya  berbunyi  :  “Masuklah  kalian  ke  dalam  Islam  secara  total  menyeluruh,  dan  janganlah  kalian  ikuti  langkah- langkap Syetan” (Q.S. Al-Baqarah, 2:208 )

Maksud  total  menyeluruh  (kaffah)  itu  adalah  dalam  seluruh  lapangan dan  sector  kehidupan  masyarakat  dan Negara.  Umat  Islam  harus  islami  berdasarkan Islam,  politik,  ekonomi,  cultural,  pendidikan,  kebudayaan, dan  lain-lain.  Seluruhnya  harus  berdasarkan  Islam.  Sayangnya  ayat  ini  tidak  direnungkan  dan  diterjemahkan  dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan  perjuangan  kaum  muslimin.  Kaum  intelektual  kita  lebih  senang  mengeluti  dan  menghayati  kitab-kitab  atau  buku-buku  iptek  saja,  buku-buku  ekonomi  atau  buku-buku  keagamaan  yang  ditulis  oleh kaum orientalis  yang  anti Islam atau  yang  menuduh orang-orang yang ingin menerapkan ajaran Al Qur’an dan sunnah secara murni,  konsekuen dan konsisten sebagai “Fundamentalis dan Ekstrimis”.

Dan  Alhamdulilah  mahasiswa-mahasiswa  Islam  yang  lulusan  Universitas  atau  Perguruan  Tinggi  Islam  tidak  ada  terdengar  yang  berlaku  sinis  terhadap  kitab  suci  Al  Quran itu, bahkan mereka ingin berjuang menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup  bagi  masyarakat  dan  Negara,  Yang  sinis  itu  pada  umumnya  orang-orang  yang  pengetahuan  agamanya  terlalu  minim  atau  Imannya  lemah  atau  bahkan  rusak  karena  sudah  diracuni  oleh  ajaran-ajaran  sekuler  yang  sesat  dan  menyesatkan  banyak  orang.  Seperti yang dilakukan oleh kaum nasionalis yang sekuler “kafir”

Dalam  Al Qur’an surat  Al Baqarah ayat  208  itu “Allah”  melarang kita  menuruti  langkah  setan  yang  menyesatkan  kita,  jadi  menyimpang  dari  Al  Qur’an  dan  Sunnah,  menyimpang  dari  masyarakat  dan  Negara  Islam  itu  berarti  menuruti  syetan  yang  merugikan dan menyesatkan kaum muslimin.

Dan  dalam  manifesto  politik  Kartosuwiryo  seperti  yang  disebutkan  diatas  tadi,  jelaskan bahwa beliau  mengajak umat  Islam untuk mencapai Mardhatillah,  yaitu dengan  menegakan  hukum  Islam  yang  sesuai  dengan Al  Qur’an  dan  Sunnah  Rosul  itulah  Cita- cita Kartosuwiryo yang ingin dicapainya dengan pejuangan yang gagah perkasa.

Penutup

Terus  terang  penulis  ini  bukanlah  pengikut  Islam  S.M.Kartosuwiryo,  tetapi  kita  semua dapat menghargai pemimpin yang jujur dan ikhlas berjihad memperjuangkan cita- citanya  sebagaimana  halnya  Kartosuwiryo  .  Ia  syahid  sebelum  cita-citanya  tercapai,  namun dia telah menebus cita-citanya  yang  mulia itu dengan darah dan jiwanya sendiri.  Seperti  halnya  pemimpin-pemimping  Ikhwanul  Muslimin  di  Mesir  yang  syahid  di  atas  tiang gantungan  musuh-musuhnya  yang dzhalim,  Berbeda  dengan  Abdul  Qadir  Audah ,  seorang  hakim  dan  sarjana  hukum  di  kairo  yang  divonis  mati  dan  dieksekusi  di  tiang  gantungan,  tetapi  persatuan  pengacara  Mesir  memprotes  dan  sepakat  menuntut  pemerintahannya  supaya  diadakan  sidang  pengadilan  ulangan  untuk  mengetahui  bagaimana  jalannya pengadilan  itu supaya diketahui umum. Dan terhadap  Kartosuwiryo  yang divonis dalam sidang pengadilan tertutup, tak seorangpun pengacara Indonesia atau  persatuan  pengacara  yang  menuntut  ulang  bagaimana  sidang  pengadilan  berlangsung.  Namun  demikian  ia  tetap  dipandang  dan  dicatat  sejarah  sebagai  pemimpin  yang  istiqomah, konsekuen, dan konsisten sampai akhir hayatnya.

Buku yang berjudul “Menelusuri Perjalanan Jihad S.M.Kartosuwiryo” ini adalah  bertujuan  untuk  mengabadikan sang  Imam Negara  Islam Indonesia.  Untuk  melestarikan  cita-cita dan perjuangannya walaupun jasad beliau telah terbaring dipangkuan ibu pertiwi  sejak 1962 lalu.

Kata  orang  ,  Menulis  sebuah  biografi  berarti  menghidupkan  tokohnya  kembali.  Dan  menurut  para  pengikutnya,  Imam  Kartosuwiryo  tetap  hidup  dan  belum  mati,  dia  masih  hidup  dalam  hati  dan  jiwa  mereka  sebagai  pemimpin  Islam  yang  militant  dan  revolusioner.

Allah  berfirman:  “Janganlah  kamu  berkata  tentang  orang  yang  shahid  di  jalan  Allah bahwa mereka itu telah mati. Tidak! Mereka itu tetap hidup, meskipun kamu tidak  menyukainya”. ( Q.S. Al Baqarah :154 )

Buku  ini  patut  dan  perlu  dibaca  oleh  generasi  penerus  dan  pelurus  agar  mereka  tidak terpedaya oleh sejarah yang sudah mengalami distorsi masa kini “ Manipulasi atau  distorsi  sejarah  yang  memutar  balikkan  fakta  sejarah  yang  secara  mencolok adalah  terjadi pada Budi Utomo yang dijadikan tongak sejarah pergerakan Nasional Indonesia.  Padahal bukan budi utomo yang merupakan partai politik pertama, tetapi Syarian Islam pertama  kali  bernama  “Syariat  Dagang  Islam  “  lahir  pada  tahun  1905.  disamping  itu Budi Utomo bukanlah partai rakyat yang menantang penjajah Belanda, tetapi golongan  kaum priyayi yang menjadi anak mas dan bekerja sama dengan Belanda. Anggota Budi  Utomo  tidak  ada  yang  masuk  penjara,  dibuang  ke  Digul  atau  yang  ditembak  mati  oleh  Belanda.  Tetapi  para  tokoh-tokoh  Syariat  Islam  berdesak-desak  masuk  penjara  yang  sempit, ditembak mati atau dibuang ke Digul (Irian Barat. Budi Utomo bukanlah bersifat  Nasional,  tetapi  regional  dan  anggotanya  terbatas  pada  suku,  bangsa  tertentu  saja  “Jawa dan Madura” selain itu tidak boleh menjadi anggotanya. Sedangkah tokoh-tokoh  Syariat  Islam  mencakup  seluruh  suku  Bangsa  Indonesia  ,  Jawa,  Sumatera,  Sulawesi,  Maluku,  dan  Kalimantan  ,  atau  bisa  dikatakan  partai  yang  benar-benar  bersifat  Nasional.  Budi  Utomo  tidak  mengantarkan  Indonesia  ke  pintu  gerbang  kemerdekaan,  akan tetapi Syariat Islam mengatarkan Bangsa Indonesia ke pintu gerbang kemerdekaan  itu. Budi Utomo sekuler dan anti Islam, oleh karena itu dikutuk oleh kaum muslimin dan  bubar  pada  tahun  1935.  Tetapi  aneh  nya  dia  diperingati  sebagai  tongak  sejarah  Indonesia. Itulah distorsi sejarah yang harus dikoreksi dan diperbaiki oleh para generasi  penerus.  Jangan  mau  saja  menelan  fakta  yang  sudah  diputar  balikan,  demi  kebenaran.  Para  generasi  penerus  harus  membuka  matanya  untuk  memberantas  kepalsuan  demi  tegaknya keadilah sejarah yang sesuai dengan fakta yang sebenarnya.”

Buku  ini  akan  banyak  manfaatnya  untuk  menambah  perbendaharaan  ilmu  pengetahuan  tentang  sejarah  perjuangan  untuk  menegakkan  Syariat  Islam  di  Indonesia.  Demikian hendaknya. Amien! Wabillahi Taufiq Wal Hidayah, Wabillahi Fie Sabilil Haq

K.H. Firdaus A.N

(Kata Pengantar K.H. Firdaus A.N pada buku berjudul “Menelusuri Perjalanan Jihad S.M.Kartosuwiryo" yang ditulis oleh Irfan S. Awwas)

Internet Rating: 4.5

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang S.M. Kartosuwiryo Mujahid Yang Istiqomah dan anda bisa menemukan artikel S.M. Kartosuwiryo Mujahid Yang Istiqomah ini dengan url http://info-panas.blogspot.com/2012/07/smkartosuwiryo-mujahid-yang-istiqomah.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel S.M. Kartosuwiryo Mujahid Yang Istiqomah ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link S.M. Kartosuwiryo Mujahid Yang Istiqomah sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Kamis, Juli 19, 2012

1 comments:

KORBAN BISNIS INVESTASI mengatakan...

Setelah saya membaca buku ini , saya jadi ingat ketika densus 88 menangkap yang diduga Nurdin .M Top di temangggung, kelihatannya sangat represif, orang sudah dikepung kok, kok di bom bertubi tubi, toh setelah operasi selesai ternyata bukan N.M.Top. Begitu juga buku ini menceritakan bahwa. Karto suwiryo begtu cepat diexkusi, tapi Subandrio bisa bebas. INI YANG JADI PERTANYAAN BESAR ?

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis