Kamis, 09 Februari 2012

Obesitas Pada Anak

Para orang tua tentu akan senang ketika memiliki anak yang gemuk. Seperti pandangan yang umum beredar, bahwa gemuk itu tandanya subur, gemuk itu tandanya makmur, gemuk itu tandanya sehat, dan lain sebagainya. Termasuk memiliki anak yang gemuk.

Tapi apa jadinya, kalau anak anda terlalu gemuk. Memiliki berat badan yang terlalu berlebih? Tentu tidak senang, khan? Dan memang, obesitas pada anak sering kali luput dari perhatian para orang tua.

Obesitas Pada Anak

Nah pada kesempatan kali ini, Info Terpanas dot com akan berbagai tips seputar upaya mencegah obesitas pada anak. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi para orang tua yang sedang memiliki anak.

Penyebab Obesitas pada Anak


Banyak faktor penyebab obesitas pada anak. Beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab adalah sebagai berikut:

Pertama: Pola makan yang tidak seimbang. Pola makan yang tidak seimbang bisa menyebabkan anak menderita obesitas. Untuk itu, sejak dia mengenal aneka ragam makanan. Sebagai contoh, utamakan makanan berbahan segar yang cukup protein, karbohidrat, sayuran dan buah.

Kedua: Pola asuh orang tua yang salah. Misalnya dengan membiarkan anak untuk bermain di dalam rumah daripada di luar rumah. Bermain di dalam rumah cenderung membutuhkan sedikit energi. Bebeda dengan bermain di luar rumah. Energi yang jarang terpakai, akan menjadi salah satu pemicu obesitas pada anak.

Ketiga: Faktor keturunan. Orang tua yang menderita obesitas besar kemungkinan akan memiliki anak yang juga menderita hal yang sama. Walau banyak ahli genetik yang tidak sampai menyimpulkan bahwa ada kaitan genetik dalam hal ini. paling tidak pola hidup orang tua, misalnya yang suka ngemil, maka anak pun akan meniru kebiasaan orang tua.

Cara Mencegah Obesitas pada Anak


Beberapa langkah yang dapat diambil oleh para orang tua untuk dapat mencegah obesitas pada anak adalah:

Pertama: Perbaiki pola makan. Gunakan pola makan yang seimbang. Makanan seimbang yaitu makanan yang memenuhi standar gizi, yaitu cukup karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin. jangan biarkan anak anda hanya makan nasi dan lauk saja. Ushakan makan sayuran dan juga buah. Hindari makanan cepat saji. Bila anak anda sudah sekolah, berikan bekal dari rumah, dengan begini, ini akan menguranginya dari akvitas jajan makanan yang tidak sehat.

Kedua: Perbanyak aktivitas fisik. Ajak anak anda bermain. Bisa di dalam atau luar ruangan. Usahakan menjadikan kegiatan bermain menjadi kegiatan yang menyenangkan. Dengan begini, anak tidak akan merasa terbebani. Biarkan ia berkreasi dengan bermain. Pilih mainan edikatif buat anak. Dan tentunya permainan-permainan yang tidak membahayakan.

Demikian artikel tentang obesitas pada anak. Mudah-mudahan bermanfaat buat para orang tua dalam upaya agar anak tetap sehat.

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang Obesitas Pada Anak dan anda bisa menemukan artikel Obesitas Pada Anak ini dengan url https://info-panas.blogspot.com/2012/02/obesitas-pada-anak.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Obesitas Pada Anak ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Obesitas Pada Anak sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Kamis, Februari 09, 2012

0 comments:

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis