Minggu, 04 Maret 2012

Eco Ball - Mencuci Bersih Tanpa Detergen

Eco Ball - Mencuci Bersih dan Hemat Tanpa Detergen - Saat mencuci pakaian di mesin cuci, bahan pembersih apa yang anda pakai? Kebanyakan dari anda pasti menjawab detergen. Tahukah anda, bahwa di dalam deterjen terkandung surfaktan sebagai komponen utamanya, baik bersifat kationik, anionik maupun non-ionik, yang ternyata bersifat merugikan?

Surfaktan adalah zat aktif permukaan yang termasuk bahan kimia organik. Ia memiliki rantai kimia yang sangat sulit didegradasi (diuraikan) oleh alam. Sesuai dengan namanya, surfaktan bekerja dengan menurunkan cara tegangan air untuk mengangkat kotoran (emulsifier, bahan pengemulsi).

Pada mulanya surfaktan hanya digunakan sebagai bahan utama pembuat deterjen. Namun karena terbukti ampuh membersihkan kotoran, maka banyak digunakan sebagai bahan pencuci lain.

Kerugian Akibat Penggunaan Detergen

Kerugian dari penggunaan deterjen antara lain adalah terjadinya proses eutrofikasi di perairan. Ini bisa terjadi karena penggunaan deterjen dengan kandungan fosfat yang tinggi. Eutrofikasi menimbulkan pertumbuahan tak terkendali bagi eceng gondok dan menyebabkan pendangkalan sungai.

Sebaliknya deterjen dengan rendah fosfat beresiko menyebabkan iritasi pada tangan dan kaustik. Karena diketahui lebih bersifat alkalis. Tingkat keasamannya (pH) antara 10 - 12.

Beberapa kajian juga menyebutkan bahwa detergen memiliki kemampuan untuk melarutkan bahan dan bersifat karsinogen, misalnya 3,4 Benzonpyrene. Selain gangguan terhadap masalah kesehatan, kandungan detergen dalam air minum akan menimbulkan bau dan rasa tidak enak. Deterjen kationik memiliki sifat racun jika tertelan dalam tubuh, bila dibanding deterjen jenis lain (anionik ataupun non-ionik).

Selain masalah lingkungan dan kesehatan di atas, anda juga perlu menghitung secara ekonomis, terkait penggunaan detergen dalam aktivitas mencuci anda. Pernahkah anda menghitung, berapa kebutuhan dana yang anda keluarkan khusus untuk kegiatan cuci-mencuci ini?

Eco Ball Solusinya

Anda pernah mendengar Eco Ball? Kalau belum, baiklah saya terangkan dahulu, apa itu Eco Ball. EcoBALL adalah hasil inovasi baru dari teknologi Jerman, sebuah bola pencuci yang dapat digunakan untuk membersihkan noda dan mencuci pakaian.

Saat Anda mencuci menggunakan EcoBALL akan menarik makromolekul padat yang menempel pada kain, sehingga secara perlahan akan membersihkan noda lain dari pakaian. Proses pelepasan makromolekul ini akan menyebabkan kadar PH dalam air meningkat, dan mengaktifkan molekul air.

Molekul air yang aktif dapat memudahkan serat kain mengendur, sehingga proses pemisahan kotoran dari pakaian lebih cepat.

Seperti ini wujud fisiknya:


EcoBALL adalah produk yang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan – bahan alami. EcoBALL terdiri dari butiran keramik alam yang dirancang secara ilmiah:

  • Butiran Far-Infrared Ray & Ion Negatif: memecahkan molekul air dalam ukuran nanometer, mengaktifkan enzim dalam air, sehingga meningkatkan kemampuan mencuci dari air itu sendiri.
  • Butiran Alkali: membantu melepaskan kotoran yang membandel.
  • Butiran penghilang Klor: menetralisir klorida/kaporit yang sering terdapat dalam air, sehingga melindungi oksidasi dan perubahan warna kain dan membantu mempertahankan elastisitas kain.
  • Butiran Antibakteri: menghilangkan jamur, organisme patogen, dan bau tidak sedap.

Simak video di bawah ini untuk mengetahui lebih detil tentang Eco Ball:



Selain ramah lingkungan, penggunaan Eco Ball untuk mencuci ternyata juga jauh lebih murah ketimbang memakai detergen.

Mari kita hitung:

Kebutuhan mencuci memakai deterjen:
- Anggaplah anda mencuci 1 kali sehari dan setiap kali mencuci, anda menghasbiskan 2 ons bubuk deterjen (logikanya: 1 kg deterjen kemasan untuk 5 kali mencuci). Jika harga 1 kg deterjen Rp 7.500 (Rp 1.500 per sekali mencuci) , maka kebutuhan dana dalam 1 tahun (365 hari) adalah;
- Kebutuhan dana untuk mencuci selama 1 tahun: Rp 1500 x 365 kali cuci = Rp 547.500,-
- Kebutuhan dana untuk mencuci selama 3 tahun: Rp 547.500 x 3 = Rp 1.642.500,-

Kebutuhan mencuci memakai Eco Ball:
- 1 buah bola cuci Eco Ball bisa digunakan sebanyak 1000 kali pakai (kurang lebih 3 tahun) dan harga Eco Ball per buah adalah Rp 150.000,-

Penghematan yang bisa anda lakukan selama 3 tahun dari aktivitas mencuci ini adalah:
Rp 1.642.500,- - Rp 150.000,- = Rp 1.492.500,-

Anda bisa menghemat uang anda Rp 1.492.500,- dalam 3 tahun atau Rp 497.500,- per tahunnya. Wow! Luar biasa sekali bukan?

Untuk mendapatkan informasi lengkap dan melakukan order, silakan klik DI SINI atau klik gambar di bawah ini.

EcoBALL

Rating: 4.5

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang Eco Ball - Mencuci Bersih Tanpa Detergen dan anda bisa menemukan artikel Eco Ball - Mencuci Bersih Tanpa Detergen ini dengan url http://info-panas.blogspot.com/2012/03/eco-ball-mencuci-bersih-dan-hemat-tanpa.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Eco Ball - Mencuci Bersih Tanpa Detergen ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Eco Ball - Mencuci Bersih Tanpa Detergen sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Minggu, Maret 04, 2012

0 comments:

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis