Kamis, 15 Maret 2012

Umar Sumadi - Profil Penemu Rumah Murah Rp 25 Juta

Replika rumah murah garapan Umar Sumadi, sang penemu teknik cetak rumah berbasis beton banyak menyedot perhatian publik. Selain karena biaya produksinya yang hanya Rp 25 juta untuk rumah tipe 36, secara kualitas, rumah murah ini pun tak diragukan lagi karena berbasis beton semen campuran pasir.

"Pak Umar ini merupakan orang yang dididik sejak zamannya Pak Akbar Tanjung (mantan menpera). Dia luar biasa loh, saya nemuin dia itu di Palembang. Itu dua bulan yang lalu. Itu awal jadi menteri saya keliling, karena saya tertantang untuk bikin rumah Rp 25 juta karena bapak presiden (SBY) bikin rumah minimal Rp 25 juta," kata Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz saat ditemui di kantornya, Rabu (14/3/2012)

 Umar Sumadi - Profil Penemu Rumah Murah Rp 25 Juta
Umar Sumardi di depan rumah murah yang ia bangun (foto:Okezone.com)

Djan mengaku meski sudah memiliki contoh rumah murah di kantornya, masih ada saja orang yang tak percaya bahwa rumah dengan biaya produksi murah bisa direalisasikan.

"Terus bagaimana caranya bikin rumah harganya Rp 25 juta, terus setelah jadi rumahnya malah orang pada nggak percaya," katanya

Umar Sumadi, merupakan pemilik hak paten intelektual rumah cetak yang diberinama Raswari. Nama rumah ini berasal dari nama ayahnya Umar, yang dulu selama puluhan tahun bekerja sebagai kontraktor perumahan.

Umar membuka kerjasama permintaan pembangunan rumah ini dengan pengembang maupun perorangan secara parsial alias satu per satu.

"Raswari itu nama ayah saya, saya bekerja dulu sama beliau, beliau itu guru lah bagi saya," ujar Umar beberapa waktu lalu.

Saat ini Umar kebanjiran pemesanan dari kalangan pengembang untuk membangun rumah murah tipe 36 ini. Permintaan banyak berasal dari Jawa maupun Sumatra dan Nusa Tenggara, misalnya di Palembang ia sudah menyelesaikan 300 unit dari total rencana pembangunan 4000 unit.

"Untuk tipe 36 harga Rp 25 juta itu hanya untuk bangunannya saja, tanpa plafon, belum dicat dan tanpa lantai keramik," katanya lebih lanjut.

Selain di Palembang, Umar juga menuturkan mulai April tahun ini, akan dibangun 7.800 unit rumah murah di Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama pemerintah setempat. Ia juga sedang melakukan pembicaraan dengan pengembang-pengembang di Cianjur, Sukabumi, Bandung dan lainnya yang sudah mendapat izin dari kemenpera.

"Tiap jam saya didatengin, minta formulir, nanya-nanya harga dan macam-macam, tapi pengembang yang dateng tadi dari Bandung, Cianjur, Sukabumi," katanya.

Menurutnya rumah buatannya ini juga bisa dibangun di Jabodetabek dengan harga yang terjangkau bisa di bawah Rp 70 juta (tergantung harga tanah). Rumah ini juga merupakan rumah yang dirancang bisa bertahan terhadap gempa. Untuk dinding sudah memakai adonan beton dengan komposisi semen dan pasir 1:4.

"Ini rumah mitra gempa, bukan anti gempa. Dulu di Aceh saya buat rumah ini sebelum gempa, pas ada gempa, dia nggak ada retak-retak," kata Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz.

Lewat bendera PT Grand Wijaya Persada Holding Company, ia siap melayani permintaan pembangunan rumah yang murah ini. Hanya saja, khusus untuk permintaan rumah murah secara perorangan atau parsial, ia baru akan dibuka pendaftarannya pada pertengahan April 2012 nanti.

"Rencananya pertengahan April sudah mulai dibuka untuk memesan (perorangan) di daerah mana pun asal tanahnya ada, ada akses masuk mobil. Lama pengerjaan hanya 4-6 hari. Saya sudah 23 tahun bikin rumah ini dulu namanya RSS (rumah sangat sederhana)," katanya. (finance.detik.com)

Rating: 4.5

facebook comment :

Anda sedang membaca artikel di Info Terpanas dot com tentang Umar Sumadi - Profil Penemu Rumah Murah Rp 25 Juta dan anda bisa menemukan artikel Umar Sumadi - Profil Penemu Rumah Murah Rp 25 Juta ini dengan url http://info-panas.blogspot.com/2012/03/umar-sumadi-profil-penemu-rumah-murah.html, anda boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Umar Sumadi - Profil Penemu Rumah Murah Rp 25 Juta ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Umar Sumadi - Profil Penemu Rumah Murah Rp 25 Juta sebagai sumbernya. Anda sangat saya sarankan untuk men-tweet berita ini atau men-share-kannya via Facebook anda. Terima kasih
Jangan Lupa pencet tombol "Like" Untuk Mendapatkan Info Terpanas Langsung di Wall FB mu!

Posted by: Maskun
InfoTerpanas, Updated at: Kamis, Maret 15, 2012

1 comments:

Bisnis Internet mengatakan...

Mau dong, kebetulan sy belum punya rumah

Social Share!

Get Social Share 2.0!

ShareThis